Penjelasan Lengkap Fungsi Partikel To dan Partikel Ya

Ga terasa, sudah berbulan lamanya saya tidak menambah posting dalam label belajar bahasa jepang,  semenjak terakhir menulis mengenai kosoado kotoba, dan download hiragana font gratis, semenjak itu pula saya tidak menambah materi belajar bagi teman teman yang ingin menambah pembendaharaan bahasa jepangnya selain belajar bahasa jepang dari buku dan kamus.

Maka malam ini, lizwana ingin menambah posting nihongo o benkyou, dengan mengulas mengenai partikel to, tapi tidak seperti posting sebelumnya mengenai partikel dalam bahasa Jepang, seperti partikel no, partikel de dan partikel ni yang hanya mengulas lengkap satu partikel dalam satu postingan. Pada posting berjudul partikel to , akan saya tambahkan juga penjelasan mengenai partikel ya, mengapa saya satukan dua partikel tersebut dalam satu post? karena dua partikel tersebut memang serupa tapi tidak sama, silahkan simak penjelasannya.

Partikel TO dan Partikel YA , berfungsi sebagai kata sambung dan mempunyai arti "dan" dalam bahasa Indonesia, atau "and" dalam bahasa Inggris. Namun walaupun mempunyai arti yang sama, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda yang tidak boleh tertukar jika anda ingin menyusun kalimat dalam bahasa jepang dengan baik dan benar. Perhatikan dua contoh kalimat berikut ;

1. 私と彼は友達です - Watashi to kare wa tomodachi desu
Saya dan dia adalah teman

2. 登山やジョギンッグやサイクリングはいいスポーツです -  Tozan ya jogingu ya saikuringu wa ii supōtsu desu
Mendaki gunung, joging, bersepeda (dan lain-lain) adalah olahraga yang baik.

Anda bisa melihat perbedaannya?


Ya, anda benar sekali, dalam partikel to, subjek dibatasi hanya saya dan dia, sedangkan dengan partikel ya, subjek berubah menjadi dan lain lain.

Dapat dikatakan bahwa partikel ‘to’ mewakili complete list. Sedangkan partikel ‘ya’ menyatakan incomplete list.

Bagaimana? sudah mengerti mengenai fungsi partikel to dan partikel ya dalam perannya sebagai kata sambung? saya harap anda belum bosan membaca karena pembahasan mengenai dua partikel tersebut masih akan saya ulas dalam postingan kali ini, namun sebelumnya, ijinkan sponsor yang membiayai blog ini untuk ikut mempromosikan diri,



Mari kita lanjutkan pembahasan kita, mengenai fungsi lain dari partikel to dan ya. Agar tidak pusing, kita awali dengan penjelasan lengkap fungsi partikel to dalam kalimat bahasa Jepang, silahkan di simak.

Selain sebagai kata sambung "dan", partikel to mempunyai fungsi sebagai ;
*saya bedakan warna kalimat sesuai artinya untuk anda yang baru belajar bahasa Jepang.

  • Penunjuk objek perbandingan {dengan}

Contoh;

これと同じサイズのくつをください - Kore to onaji saizu no kutsu o kudasai.
Berikan saya sepatu yang ukurannya sama dengan yang ini

  • Penunjuk isi atau maksud dari apa yang ditanyakan, di dengar atau di ucapkan

Contoh ;

あなたの名前は何と言いますか - Anata no namae wa nan to iimasu ka
Siapa nama anda?

  • Penunjuk sesuatu yang dilakukan setelah sesuatu terjadi

Contoh ;

家に帰ると、私はテレビを見ています - Ienikaeru to, watashi wa terebi o mite imasu
Setelah sampai rumah, saya langsung nonton TV


  • Penunjuk "bila" atau "jika"

Contoh ;

雨が降らないと、大変暑くなります - Ame ga furanai to, taihen atsuku narimasu
Jika tidak hujan, cuaca jadi sangat panas



Itu adalah jenis jenis fungsi dari partikel to, sekarang kita beralih ke partikel ya, yang selain memiliki fungsi sebagai kata sambung dan, juga memiliki tambahan satu fungsi sebagai ;

  • Penekanan suatu kalimat yang bermaksud menyuruh atau mengajak , dan hanya di ucapkan oleh laki laki.

Contoh ;
早く出ろや - Hayaku deru ya
Cepat keluar


Semoga apa yang saya tulis di atas membantu anda memahami fungsi dan perbedaan partikel to dan partikel ya.
Sampai jumpa di posting berikutnya.



loading...