Bahaya, Alasan Ibu Hamil Wajib Cek Kondisi Gigi

Saat memasuki masa kehamilan, seorang calon ibu selayaknya wajib mengetahui kondisi dan perubahan-perubahan yang menandakan gangguan kesehatan pada tubuhnya.

Biasanya, kondisi kesehatan kehamilan merupakan kondisi prioritas yang sering di cek secara berkala, namun seringkali kondisi kesehatan gigi menjadi hal yang terabaikan.

Padahal pada faktanya, bakteri yang bisa menimbulkan penyakit sangat banyak yang berasal dari organ mulut, yang kemudian berimbas pada kondisi kesehatan jantung , otak dan bahkan kondisi kesehatan janin.

Pengaruh Kesehatan Gigi Pada Kehamilan

Pengaruh Kesehatan Gigi Pada Kehamilan

Berdasarkan temuan PDGI, ditemukan data valid yang menjelaskan korelasi antara gangguan kesehatan gigi dan mulut dengan kelahiran prematur.

Meskipun jika sebelum memasuki masa kehamilan anda tidak mengalami masalah dengan kesehatan gigi, namun saat memasuki trimester kehamilan pertama, umumnya anda akan mengalami morning sickness.

Morning sickness atau rasa mual dan muntah, yang umumnya terjadi di pagi hari, membawa asam dari lambung yang kemudian menyebabkan meningkatnya tingkat asam di rongga mulut.

Dari peningkatan kadar asam itulah kemudian tercetus kemungkinan timbulnya karies yang rentan terinfeksi oleh kuman.

Masalahnya, penanganan masalah kesehatan gigi pada ibu hamil tidak bisa disamakan dengan kondisi diluar kehamilan, terutama mengenai pemberian obat-obatan.

Diperlukan pemeriksaan bersama antara dokter gigi dan dokter kandungan untuk menentukan jenis penanganan yang tepat jika terjadi masalah kesehatan gigi di masa kehamilan.

Melihat hal tersebut, maka lebih disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan pencegahan dan pemeriksaan rutin kondisi kesehatan gigi selama masa hamil.

Dan sangat disarankan untuk tidak melewatkan aktifitas menyikat gigi, minimal 2 kali sehari. Jika aktifitas menyikat gigi menyebabkan anda merasa mual, anda dapat menyikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi, namun kombinasikan dengan penggunanan obat kumur tanpa alkohol dan dental floss agar kebersihan rongga mulut dan gigi lebih maksimal.


loading...